Daftarkan Perdes

Pusaka Konsorsium Release

6 (Enam) Desa Konservasi Di Kab. Pakpak Bharat dan Dairi Daftarkan Perdes ke Pemerintah Daerah

 

Kamis 11 Desember 2008

Enam Desa yang berada di Kab. PakPak Bharat dan Dairi, selama 7 bulan terahkir ini adalah merupakan Pilot Program MCV’s (Model Desa Conservasi Village) Pusaka Konsorsium (Pusaka Indonesia, Yel & Yes dalam upaya pelestarian serta perlindungan orangutan dan habitatnya, secara Parallel mendaftarkan Perdes (Peraturan Desa) dan Sosialisasi Rangkaian Rencana Aksi Desa Konservasi ke Pemerintahan Daerah kabupaten melalui prantaraan prangkat Kecamatan Masing-masing desa. (Kamis, 11/12/08).

Ke 6 (Enam Desa) tersebut adalah meliputi 4 (empat) desa berada di Kab. Pakpak Bharat dan 2 (dua) desa di Kab. Dairi , enam desa tersebut adalah Desa Sukaramai Kec. Kerajaan Kab. PakPak Bharat, Desa Simbrruna, Desa Prolihen, Desa Malum Kec. STTUJehe Kab. PakPak Bharat dan dua desa di Kab. Dairi yakni desa Bongkaras Kec. Silima Pungga-Punga dan Sempong Polding Kec. Lae Parira.

Dalam salah satu lokasi pada proses dialog yang diikuti oleh masing-masing utusan masyarakat desa meliputi Kades, (aparat desa), BPD dan tokoh adat dari masing-masing desa, serta Pusaka Konsorsium Burhanuddin (Manager Programing), Rulyanto, Ericson Sinaga, dan Lintong Nadeak, melalui Camat STTUJehe Kab. Pak-pak Bharat Drs. Tikki Angkat mengatakan bahwa uapaya masyarakat desa dalam melindungi dan mengkonservasi orangutan serta habitatnya yang dituangkan dalam bentuk regulasi desa (Perdes) adalah upaya konkrit yang lahir dari masyarakat desa untuk melindungi keberlangsungan hutan lindung yang semakin terancam dengan semakin tingginya laju konversi lahan sebagai perladangan/perkebunan baik yang dilakukan oleh pihak luar maupun masyarakat lokal itu sendiri, untuk potret secala luas sekaligus sebagai contoh bagi desa lain di 52 desa yang berada di Kab. PakPak Bharat melakukan hal serupa dalam hal konservasi. Apalagi untuk katagori regulasi desa sejenis Peraturan Desa di Kabupaten Pakpak Bharat masih tergolong awam, dari 52 desa yang ada hanya satu desa saja yang memiliki Perdes.

Hal senada juga diutarakan Camat Kerajaan Kab. PakPak Bharat Nasib Mungkur didepan utusan masyarakat desa Sukaramai Kec. Kerajaan Kab. PakPak Bharat, beliau  mendukung sepenuhnya upaya yang telah dilakukan masyarakat desa menyakut pelestarian orangutan dan habitatnya. Dalam konteks Perdes yang telah diserahkan desa pihak kekecamatan, seteruskan akan ditindak lanjuti ke Pemerintahan Daerah untuk disahkan oleh Sekertaris Daerah yang kemudian di legalisir dilembaran Daerah. Selain hal tersebut pihak kecamatan Kerajaan juga akan mengupayakan memediasi rencana aksi desa (Planning Program Desa) yang telah direncanakan oleh masing-masing desa untuk menjadi agenda pemerintah sehingga dalam hal ini pemerintah daerah dapat menentukan ruang keterlibatan maupun bentuk konstribusi dukungan sebagai wujud implementasi konservasi orangutan dan Habitatnya yang akan dilakukan oleh desa-desa konservasi khususnya.

Camat Kerajaan Nasib Mungkur menambahkan bahwa dalam merealisasikan berbagai Rencana Aksi Desa yang sipatnya lebih cenderung dalam hal pengembangan potensi desa khususnya menyangkut  pengembangan sisi ekonomi dan hal-hal lain desa dapat membuat pengajuan berbentuk permohonan terencana, yang kemungkinan dana alokasinya dapat diambil anggaran dari ADD (Anggaran Dana Desa) yang berjumlah 107 Juta/desa yang masih belum teralokasikan dan dimamfaatkan secara maksimal oleh desa karena terbentur diseputar SDM dan kemampuan tehnis masyarakat itu sendiri dan kedepan melalui Konsorsium Pusaka agar lebih dapat dimaksimalkan pengunaannya dalam lingkup kerja kerja konservasi.  

Fokus Perdes Enam Desa meliputi :

  1. Desa Prolihen Kec. STTUJehe Kab. Pakpak Bharat tentang Perlindungan orangutan
  2. Desa Sukaramai Kec. Kerajaan Kab. Pakpak Bharat tentang Pengelolaan air bersih
  3. Desa Sembruna Kec. STTUJehe Kab. Pakpak Bharat tentang Pelestarian sungai
  4. Desa Malum Kec. STTUJehe tentang Perlindungan sumber mata air
  5. Desa Sempung Polding Kec. Lae parira Kab. Dairi tentang perlindungan sumber mata air
  6. Desa Bongkaras Kec. Silama Pungga-Pungga Kab. Dairi tentang pengelolaan & Pemeliharaan air

Lahirnya beberapa Peraturan Desa (Perdes) di enam desa tersebut yang saat ini telah menuju proses pendaftaran ke pemerintahan daerah merupakan bentuk inspirasi serta aspirasi secara kolektif yang ditimbulkan oleh kesadaran kritis masyarakat desa untuk berupaya dalam melestarikan hutan sekitar kawasan mereka tinggal, sebelumnya warga masyarakat yang terdiri dari Aparat Desa, BPD dan utusan tokoh masyarakat telah dilatih secara tehnis dalam sebuah Trainning formulasi tata cara pembuatan regulasi desa yang diikuti oleh 30 orang peserta dari enam desa, empat Kecamatan yang berada di Kab. Pakpak Barat dan Dairi.

Pusaka Konsorsium dalam melakukan implementing program di enam pilot proyek MCVs ( Model Conservasi Village ) tetap mengacu kepada 3 (tiga) sisi krusial masyarakat desa yaitu,:

1.      Ekonomi

Dimana upaya yang telah dilakukan oleh Pusaka Konsorsium adalah pengalian potensi desa yang dapat dikembangakan, sehingga dengan adanya pengembangan potensi tersebut secara ekonomi masyarakat desa akan meningkat dan tingginya konversi lahan yang dilakukan oleh masyarakat local oleh akan semakin menurun.

2.      Sosial

Adanya pengelibatan unsure masyarakat desa dalam seluruh aktifitas kegiatan sekaligus peran serta pemerintah daerah dalam implementing kegiatan. Dan dalam berbagai peluang pemerintah dapat mendukung secara program dari rencana aksi desa yang akan dilakukan.

3.      Budaya,

Mengangkat kembali sisi budaya local atau kearifan lokal yang selama ini masih berlaku, sehingga kerifan local yang secara turun temurun pernah dilakukan terkait perlindungan dan pelestarian hutan maupun orangutan tetap menjadi unsure penting untuk diangkat kepublik.

 

Wassalam

Rulyanto Gdg

Telp : 081370009795


3 Tanggapan to “Daftarkan Perdes”

  1. SANGAT MENARIK.. USUL SUPAYA LEBIH MELIBATKAN LEMBAGA LOKAL MAUPUN AKTIVIS LINGKUNGAN SETEMPAT… PERKEMBANGAN DINAMIKA KEHIDUPAN MASYARAKAT PAKPAK DAN WILAYAH KABUPATEN PAKPAK BHARAT DAPAT DILIHAT DI http://boeangsaoet.wordpress.com

  2. saya ada di nomor kontak 08566145995

  3. Gimana Rencana aksi untuk Batang Toru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: