Orangutan dan Habitatnya

 

ou_007_jams1Kawasan hutan dibagian utara Pulau Sumatra, merupakan kawasan habitat alami Orangutan Sumatra yang masih tersisa. Tepatnya, kawasan tersebut berada di wilayah KEL (Kawasan Ekosistem Leuser) yang berada di wilayah Propinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dan Propinsi Sumatra Utara (Sumut). Dan satu lagi di blok hutan Batang Toru yang berada di Tapanuli (secara administrasi masuk wilayah Tapanuli Selatan, Tengah dan Utara).

Seperti umumnya daerah lain di Indonesia, kawasan hutan di Sumut dan NAD juga mengalami tekanan yang cukup hebat akibat kegiatan logging maupun konversi lahan untuk perkebunan dan pertambangan. Hutan sebagai sebuah ekosistem, degradasi kawasan ini juga berpengaruh terhadap sistem kehidupan lainnya, termasuk keberadaan Orangutan di wilayah itu.

Mempertimbangkan pentingnya ekosistem hutan sebagai penyangga kehidupan, maka para penggiat lingkungan di Sumatra Utara melakukan berbagai upaya penyelamatan (konservasi) dengan menggunakan Orangutan sebagai flagship.

Blog ini berisi informasi tentang inisiatif upaya konservasi melalui pendekatan perencanaan pengelolaan kawasan yang melibatkan para pihak di Hutan Batang Toru Blok Barat (West Batang Toru Forest Block Action Plan), model desa konservasi (MCV_Model Conservation Village), Tata Ruang yang mempertimbangkan aspek konservasi, dan peta-peta terkait dengan kawasan hutan dan konservasi.

Blog ini dikelola bersama oleh beberapa NGO di Sumatra Utara dan di dedikasikan untuk kelestarian Orangutan dan Habitatnya. NGO dan Konsorsium NGO tersebut adalah :

 

pusaka-warna2yelaliipocsp

 

Iklan

~ oleh makitam pada November 14, 2008.

2 Tanggapan to “Orangutan dan Habitatnya”

  1. Menurut saya blog ini sangat bagus,tapi kita harapkan kawan -kawan juga membantu agar blog ini bermanfaat bagi lingkungan diluar kita,ini perlu untuk agar masyarakat sekitar kita memahami apa yang kita kerjakan.

    Dan harapannya blog ini bisa menjadi sumber dan refrensi bagi orang disekitar kita,semoga ini bisa lanjut dan langgeng,maju terus

    Muslim
    Aceh selatan

  2. terima kasih atas perhatiannya terhadap pelestarian orangutan batang toru.saya siap mendukung .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: