09. Lokalatih Jurnalisme Lingkungan

Media memiliki peran penting dalam membangun gerakan lingkungan. Dengan pemberitaan yang dimuat di media, masyarakat memperoleh informasi tentang konservasi dari pendapat narasumber yang beragam. Dinamika pemberitaan dan keragaman pendapat narasumber, pada tahapannya menuntun pembaca (publik) memahami topik berita secara lengkap sehingga dapat mengambil kesimpulan dan menentukan sikap.

Jadi media merupakan salah satu alat yang efektif untuk menggalang dukungan publik dalam membangun gerakan lingkungan, termasuk konservasi Orangutan dan habitatnya.

Konservasi Orangutan dan Habitatnya di negeri ini banyak di inisiasi oleh kalangan NGO dengan bekerjasama dengan instansi pemerintah, seperti BKSDA. Namun kegiatan ini masih belum banyak diketahui dan dipahami oleh publik, sehingga dukungan masyarakat terhadap kegiatan tersebut belum maksimal.

Disisi lain, Media juga belum banyak membuat berita lingkungan, khususnya terkait dengan konservasi Orangutan dan Habitatnya. Bisa jadi, hal ini disamping adanya keterbatasan ruang (halaman), mereka juga memiliki informasi yang terbatas terhadap kegiatan konservasi ini.

Dengan pertimbangan diatas, Promedia melakukan kegiatan Lokalatih yang diberi judul “Jurnalisme Lingkungan untuk Perlindungan Orangutan dan Habitatnya”. Acara dilaksanakan di Hotel Semarak (Medan), pada tanggal 22-24 Januari 2009.

Daharapkan kegiatan ini dapat menjadi jembatan informasi antara NGO penggiat Konservasi Orangutan dan Habitatnya dengan Jurnalis, sehingga kedepan publik lebih banyak memperoleh informasi tentang upaya Konservasi Orangutan dan Habitatnya.

Selengkapnya agenda ini, lihat :  TOR Lokalatih _Promedia.pdf

Makalah Narasumber :

1. Ekologi Distribusi dan Konservasi OU Sumatera.pdf (812 kb)

2. Peta Ancaman dan Analisis Kebijakan Perlindungan OU.pdf (737 kb)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: