04. RTD Tripa I

Terms Of Reference

Round Table Discussion 1

“Rawa Tripa, penyangga kehidupan masyarakat Nagan Raya”

Tripa merupakan hutan rawa gambut yang luasnya sekitar 61.000 ha, terletak di pantai barat Aceh, yaitu di Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat Daya. Secara administratif kawasan Tripa sekitar 60% termasuk dalam wilayah kecamatan Darul Makmur kabupaten Nagan Raya dan 40% dalam wilayah kecamatan Babah Rot kabupaten Aceh Barat Daya.

Tripa sangat penting bagi penduduk local karena mampu menjadi buffer zone yang tangguh saat bencana tsunami menghantam Aceh di bulan Desember 2004. Tripa juga menyediakan keamanan pangan (terutama ikan), persediaan air bersih, dan hasil hutan non kayu seperti madu dan kayu. Juga mengatur iklim mikro, termasuk temperatur dan kelembaban, yang penting bagi pencegahan kebakaran dan keberlanjutan pertanian lokal.

 

Pembukaan dan pengeringan rawa gambut, termasuk juga Tripa, akan mengakibatkan pelepasan kandungan karbon tersebut ke udara yang mempercepat pemanasan global. Dampak lokal, masyarakat kehilangan sumber protein alami (ikan air tawar seperti lele), kehilangan sumber tanaman obat, penurunan permukaan tanah dan berkurangnya daya serap air sehingga mengakibatkan seringnya terjadi banjir. Jangka panjang dampak yang akan dirasakan masyarakat lokal adalah penurunan permukaan tanah dan intrusi air laut, sehingga akan sulit mendapatkan air tawar.

 

Memperhatikan pentingnya rawa gambut (Rawa Tripa) bagi kehidupan, maka dilakukan Round Table Discussion.

 

Tujuan

1.    Memberikan pemahaman awal mengenai fungsi dan peran serta dampak dari kehilangan rawa gambut Tripa ditinjau dari aspek ekonomi, sosial, mitigasi bencana dan jasa lingkungan

2.    Membangun stakeholder atau jaringan stakeholder kunci untuk proses pencarian solusi dan pengelolaan rawa tripa ke depan yang berkelanjutan.

3.    Bersama-sama dengan stakeholder kunci mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di sekitar hutan rawa Tripa.

 

RTD direncanakan dilaksanakan di Meulaboh, tanggal 19-20 Desember 2008. Diundang dalam acara ini sebanyak 45 peserta yang terdiri dari unsur Pemerintahan, Media, Perusahaan (Perkebunan Kelapa Sawit), LSM, Masyarakat Adat (Kemukiman), dan Perguruan Tinggi..

Kontak Panitia:

1.      Kristiani Napitupulu (081396364540)

2.      Fransisca Ariantiningsih (081533107681)

3.      Tatang Y Komoro (081376127991

 

Selengkapnya, lihat …TOR RTD TRIPA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: