03. Semiloka KPSL Sumbagut

KPSL  Sumbagut merupakan wadah kegiatan dari para penggiat lingkungan yang memiliki fokus kegiatan penyelamatan dan perlindungan terhadap satwa liar dilindungi. Proses lahirnya KPSL ini diawali dengan diskusi informal antar penggiat lingkungan. Sejalan dengan perjalanan waktu, diskusi dilakukan semakin intensif dan rutin sampai akhirnya terbangun kesepahaman antar anggota diskusi.

Okober 2007, kelompok diskusi ini akhirnya mendeklarasikan diri (masih antar sesama mereka) danh menyebut kelompok ini dengan Koalisi Penyelamatan Satwa Liar Dilindungi Sumatera Bagian Utara, yang disingkat dengan KPSL Sumbagut. Diharapkan dengan adanya wadah ini, anggota Koalisi secara bersama-sama dapat melakukan kegiatan Penyelamatan dan Perlindungan lebih efektif.

Diskusi terus bergulir dan pemahaman peserta terhadap kebutuhan bekerja bersama dirasakan semakin menjadi kebutuhan dan perlu memiliki agenda konkrit dan terencana.

Dengan pertimbangan diatas, direncanakan tanggal 17-18 Desember 2008 KPSL Sumbagut melaksanakan Semiloka di Hotel Soechi, Jalan Cirebon – Medan. Semiloka ini mengambil tema “Peningkatan Partisipasi Publik dalam Mendorong Penegakan Hukum secara Sistematis”.

Secara khusus, tujuan semiloka ini adalah :

  • Menyusun dan menyepakati Visi dan Misi KPSL sebagai Koalisi.
  • Menyusun rencana kerja KPSL dan memilih Pelaksana Harian (Koordinator) KPSL.
  • Melalui seminar diharapkan terbangun persamaan persepsi dalam menyikapi dan mendorong penyelesaian kasus dan kebijakan terhadap kejahatan satwa liar dilindungi, khususnya di lingkungan pemerintah sebagai pelaksana regulasi.
  • Terakhir, dihari terakhir acara dilakukan Deklarasi KPSL dan lounching nomor pengaduan kepada publik.

Informasi selengkapnya tentang Semiloka dapat dilihat :  TOR Semiloka KPSL.pdf 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: