02. Special Topic

 

SPECIAL TOPIC RADIO TALK SHOW

Partisipasi Publik dalam Revisi Tata Ruang Sumut

 01bTata ruang merupakan salah satu bagian dari komponen program OCSP, maka rencana perubahan tata ruang di Sumatera Utara merupakan momen penting untuk mendorong adanya transparansi proses, keterlibatan public dan mempertimbangkan aspek konservasi.

Di Medan, OCSP bekerjasama dengan Aliansi Peduli Tata Ruang Sumut mempengaruhi dan mendorong pemda mempertimbangkan aspek Konservasi, adanya transparansi proses serta keterlibatan public

Mempertimbang hal tersebut diatas, dimana agar informasi perubahan tata ruang diketahui dan mendapat respon sebanyak mungkin dari public Sumatera Utara, OCSP bekerjasama dengan Radio Smart FM berencana melakukan kegiatan yang diberi judul “Special Topic Radio Talk Shaw”.

Acara dilaksanakan pada hari hari Rabu, 12 Nopember 2008, jam 09.00 – 11.30 wib, dimana rangkaian acara dikemas dalam bentuk in recording program, in door talk show dan field report.

Direncanakan, hadir sebagai narasumber dalam acara “Special Topic Radio Talk Shaw” 1. Tim Revisi Tata Ruang Propinsi, 2. Bappeda Propinsi, 3. Bappeda/Dinas Kehutanan Kabupaten, 4. BBKSDA, 5. BBTNGL, 6. YEL/OIC (Ian / Panut),  7. Aliansi Peduli Tata Ruang Sumut, dan  8. Masyarakat di daerah konflik lahan/satwa

Dengan Narasumber diatas, beberapa pokok bahasan yang menjadi bahan diskusi meliputi :

  1. Informasi tentang adanya perubahan tata ruang Sumatera Utara.
  2. Sebab adanya perubahan tata ruang.
  3. Sudah sejauh mana proses perubahan berlangsung.
  4. Sebab-sebab adanya revisi tata ruang. Ada apa dengan tata ruang sebelumnya sehingga perlu dirubah. Apakah hal  ini terkait dengan adanya konflik lahan masyarakat dengan kawasan hutan, adanya ekspansi masyarakat masuk ke kawasan hutan atau lahan yang dikuasai oleh negara, konflik lahan antara masyarakat dengan perusahaan.
  5. Antisipasi yang dilakukan oleh tim penyusun tata ruang atau pengambil keputusan kebijakan tata ruang agar tata ruang yang dihasilkan tidak mengulang persoalan seperti sebelum di revisi. Bagaimana dengan partisipasi publik dan para penggiat di bidang lingkungan ? Bagaimana dengan habitat satwa ? apakah hal ini sudah menjadi bahan pertimbangan penting dan bagaiman implementasinya.

Selenngkapnya, lihat  TOR Special Topic Radio Talk Show

Laporan Kegiatan

02bSesuai dengan rencana, Special Topic Radio Talk Show dengan tema Partisipasi Publik dalam Revisi Tata Ruang Sumut, dilaksanakan pada tanggal 12 Nopember 2008, jam 09.00 – 11.30 wib.

Hadir dalam In Door Radio Talk Show sebagai narasumber : 1. Didin S. Elias (Kasubdin Bina Program, Dinas Kehutan Sumut); 2. Timbul Panggabean (Yayasan Samudera, anggota Koalisi Masyarakat Sipil untuk Penataan Ruang yang Berkeadilan di Sumatera Utara); dan 3. Edison Sianturi (Komisi A DPRD Sumatera Utara)

Catatan penting hasil dari acara ini adalah :

  1. Revisi tata ruang harusnya bertujuan mensejahterakan masyarakat dan mengandung kekuatan hukum tetap yang dapat menjaminkan hak-hak masyarakat.
  2. Ruang partisipasi harusnya dibuja seluas mungkun dalam revisi tata ruang yang sedang berlangsung, agar nantinya hasil revisi yang dihasilkan tidak mendapat penolakan dan meminimalisasi konflik yang mungkin terjadi.

Selengkapnya, lihat : Laporan Kegiatan Special Topic Radio Talk Show


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: