05. Field Day

Field Day atau Hari Lapangan adalah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat setelah merekan melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan perencanaan desa. Berbagai rencana yang dihasilkan, ada sebagian yang mampu dilaksanakan oleh masyarakat secara mandiri, tetapi ada beberapa yang perlu mendapat dukungan dari parapihak (stakeholder) seperti, pemerintah atau lembaga swasta yang peduli. 

Jadi, field day merupakan media yang dibuat oleh masyarakat untuk melakukan ekspos kegiatan dan rencana kegiatan kedepan di hadapan para pihak untuk menggalang dukungan.

Bulan Desember 2008, direncanakan akan dilaksanakan 2 kali Field Day yang dilakukan oleh masyarakat di desa-desa yang di dampingi oleh Konsorsium FP3-Alive. Desa-desa tersebut 3 berada di Kabupaten Langkat dn 3 desa berada di Kaupaten Aceh Selatan.

Aceh Selatan

Setelah melakukan serangkaian kegiatan selama 7 bulan, 3 Desa di Aceh Selatan (Ds. Pasie Lembang, Ds Durian Kawan, Ds Pucuk Lembang), tanggal 20 Desember 2008 mereka merencanakan melakukan Field Day yang dipusatkan di Desa Pasie Lembang.

Selain dihadiri oleh masyarakat dari 3 Desa tersebut diatas, direncanakan Field Day juga dihadiri oleh undangan dari Pemerintahan, LSM dan Perusahaan yang memiliki aktivitas di sekitar wilayah  desa mereka.

Selengkapnya, lihat :  TOR Field Day Aceh Selatan

Langkat

Di Kabupaten langkat, masyarakat di 3 desa (Desa Timbang Lawan, Desa Timbang Jaya, Desa Sampe Raya), didampingi oleh Konsorsium FP3-Alive merencanakan Field Day pada tanggal 22 Desember 2009 yang dipusatkan di Bukit Lawang (di halaman kantor HPI).

Seperti di Aceh Selatan, masyarakat di wilayah ini selama 7 bulan telah melakukan serangkaian kegiatan yang diawali dengan pengembangan CU (Credit Union) yang dilanjutkan dengan SL (Sekolah Lapang) dan Perencanaan Desa berbasis konservasi.

Dalam acara ini selain masyarakat di 3 Desa, juga akan dihadiri oleh utusan dari Pemda Langkat, BBTNGL, LSM dan perusahaan yang memiliki kegiatan di sekitar Bahorok.

Selengkapnya, lihat : TOR Field Day Langkat


2 Tanggapan to “05. Field Day”

  1. kegiatan field day sudah dilakukan. di Aceh Selatan berkumpul sekitar 700 orang dari tiga desa dan dihadiri oleh 2 orang staf bupati Aceh Selatan, Kepala dinas pertanian dan peternakan, kasubdin dinas kehutanan dan perkebunan, BPKEL aceh selatan, LSM lokal, KPA, dan muspika dari camat, geucik sampai mukim dan tokoh-tokoh masyarakat. Sedangkan di Langkat Fieldday juga sudah dilasanakan dengan jumlah perserta yang hadir mencapai sekitar 600 orang. Hasil yang langsung diperoleh adalah berupa pernyataan mendukung yang ditandatangani oleh semua undangan terhadap rencana aksi yang telah dibuat oleh masing-masing desa. Selain itu khusus di Aceh Selatan Dinas pertanian langsung siap membersihkan 700 ha lahan sawah di desa pasie lembang, dan pemberian bantuan kacang kuning 50 ha untuk desa pasie lembang dan 3 tong untuk desa durian kawan.

  2. Ndang kok kalau ada dokumen hasil field day dan dokumen perencanaan mukim, akan bagus juga kalau di upload.
    Trus gimana perkembangan yang di langkat? Mungkin kang Paijo bisa bantu upload atau beri info perkembangannya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: